(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN 3 Pedurungan
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Bermain di Lingkunganku
(Tema 2)
Sub
Tema : Bermain di Tempat Wisata ( Sub Tema 4 )
Pembelajaran
ke : 4
Alokasi waktu : 1
Hari
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.4
|
Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah
dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta
mengaitkan perkalian dan pembagian.
|
3.4.1 Menunjukkan kalimat matematika yang
berkaitan dengan perkalian.
3.4.2 Mengidentifikasi
perkalian dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.4
|
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan
cacah dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
perkalian dan pembagian.
|
4.4.1 Memecahkan masalah
perkalian yang
melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman
benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa
daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.2.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau
bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
4.2
|
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia
yang tepat
atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis,
lisan, dan visual.
|
4.2.1 Menuliskan hasil pengamatan tentang keragaman benda
berdasarkan bentuk dan wujudnya.
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
|
3.3.1
Mengidentifikasi
langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami
|
4.3
|
Membuat hiasan dari
bahan alam dan buatan.
|
4.3.1 Membuat karya hiasan
kartu ucapan ulang tahun yang ditujukan
untuk orang tua
|
C. TUJUAN
1.
Dengan mendengarkan pembacaan teks “Bermain
Perosotan”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan
percaya diri.
2. Dengan
menjawab pertanyaan tentang teks “Bermain Perosotan”, siswa dapat mencatat isi
teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan cermat.
3. Dengan
mengamati gambar tentang beragam benda pada permainan perosotan, siswa dapat
melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar
dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan cermat.
4. Dengan
melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda dalam permainan
perosotan, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar
berdasarkan wujudnya dengan disiplin.
5. Dengan membaca
teks percakapan tentang pembagian, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari
yang melibatkan pembagian dengan cermat.
6. Dengan
mengerjakan latihan tentang pembagian siswa dapat menyatakan kalimat matematika
yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.
7. Dengan
mengamati teks percakapan, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat
karya hiasan dengan bahan alami dengan cermat.
8. Dengan mengidentifikasi
langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami, siswa dapat membuat
karya hiasan kartu ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahan alami dengan
disiplin.
D. MATERI
- Gambar bermain
perosotan
- Teks bacaan tentang
bermain perosotan
- Gambar keberagaman
benda pada permainan perosotan
- Gambar 2 kartu ucapan
selamat ulang tahun
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
|
15 menit
|
Inti
|
Kegiatan Pembelajaran
Ayo Mengamati
Ayo Menulis
Ayo
Mengamati
Ayo Berkreasi
Ayo Berlatih
anak pintar, anak rajin, dan sebagainya.
|
140
menit
|
Penutup
|
1. Siswa mampu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa
diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi
dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk
menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh
salah satu siswa.
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
A.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
B.
Bentuk Instrumen Penilaian
1. Sikap
Petunjuk:
Berilah
tanda centang (√) pada sikap setiap siswa yang terlihat.
Keterangan:
T :
Terlihat
BT :
Belum Terlihat
2.
Pengetahuan
a.
Menyebutkan isi teks pendek yang
dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dan mencatat isi teks
pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dalam bahasa tulis
Tes tertulis: Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan (total skor
maksimal 100).
1)
Bermain perosotan. (skor 20)
2)
Udin dan Lani. (skor 20)
3)
Sangat senang. (skor 20)
4)
Edo dan Siti. (skor 20)
5)
Bola berwarna-warni, perosotan, tangga, dan tali. (skor 20)
b.
Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang
pembagian
Tes tertulis: menentukan berhitung tentang kalimat matematika (total skor
maksimal 100).
1)
12 : 2 : 3 = 6 : 3 = 2
2)
15 : 3 : 5 = 5 : 5 = 1
3)
22 : 11 : 2 = 2 : 2 = 1
4)
50 : 5 : 5 = 10 : 5 = 2
5)
32 : 4 : 2 = 8 : 2 = 4
3.
Keterampilan
a. Melakukan pengamatan
sederhana tentang keragaman benda Rubrik unjuk kerja: Melakukan pengamatan sederhana
tentang keragaman benda.
b.
Membuat karya hiasan dengan bahan alami
Rubrik unjuk
kerja: Membuat karya hiasan dengan bahan alami (biji-bijian)
c. Memecahkan masalah
sehari-hari yang melibatkan pembagian
Rubrik unjuk kerja: Memecahkan masalah sehari-hari
yang melibatkan pembagian.
H. REMEDIAL DAN PENGAYAAN
- Remedial
·
Guru mengulang kembali kegiatan menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan
dengan menggunakan teks yang berbeda.
·
Guru membimbing siswa yang belum mampu membuat karya hiasan dengan bahan
alami biji-bijian.
·
Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu memecahkan masalah
sehari-hari yang melibatkan pembagian.
- Pengayaan
·
Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menyebutkan
isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keberagaman benda di sekitar.
·
Guru meminta siswa melakukan latihan lanjutan dengan menceritakan secara
tertulis langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami biji-bijian.
·
Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu memecahkan masalah
sehari-hari yang melibatkan pembagian
I. SUMBER DAN
MEDIA
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 2 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Gambar bermain Perosotan
·
Teks bacaan tentang bermain perosotan
·
Gambar keberagaman benda pada permainan perosotan
·
Gambar 2 kartu ucapan selamat ulang tahun
Refleksi Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 3 Pedurungan
Hasyim, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19650720
198806 2 001
|
Pemalang, April 2018
Guru Kelas 2
Farah Ummu Masnunah, S.Pd.
NIP………………………….
|
1 komentar:
Selamat datang!!!
Link Alternatif mwpoker
Link Alternatif mwpoker
Posting Komentar