SILABUS
Satuan Pendidikan : SDN 3 Pedurungan
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Bermain di Lingkunganku (Tema 2)
Sub Tema : Bermain di Tempat Wisata ( Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
Kompetensi inti
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
3. Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menunjukkan
keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan
kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap
perkembangannya.
Mupel/Kompetensi
Dasar
|
Nilai Karakter
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber belajar
|
|||
Teknik
|
Jenis
|
Bentuk
|
||||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
|||
1.
Matematika
3.4
Menjelaskan perkalian dan pembagian yang
melibatkan
bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan seharihari
serta mengaitkan perkalian dan
pembagian.
4.4
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah
dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan seharihari serta
mengaitkan perkalian dan pembagian.
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia
yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda
berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
Disiplin, jujur, teliti.
|
3.4.1 Menunjukkan
kalimat matematika yang
berkaitan dengan perkalian.
3.4.2 Mengidentifikasi
perkalian dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari.
4.4.1 Memecahkan masalah perkalian yang
melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau
bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
3.2.1 Menujukkan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya.
|
Perkalian
Keragaman benda
|
Ayo Mengamati
Ayo Menulis
Ayo Mengamati
Ayo Berkreasi
Ayo Berlatih
|
Tes
Tes
Non Tes
|
Tertulis
Tertulis
Unjuk kerja
|
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Rubrik
disertai Rating scale
|
1 hari (5X35
Menit)
|
Yusfina Hendrifiana, dkk. 2017. Buku Guru
SD/MI Kelas I
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Diriku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Yusfina Hendrifiana, dkk. 2017. Buku Siswa
SD/MI Kelas I Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Diriku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
|
|
2.
Bahasa Indonesia
3.2
Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman
benda
berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau
bahasa
daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.2
Melaporkan penggunaan
kosakata
Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis,
lisan, dan visual.
|
3.9.1
Menuliskan benda-benda di sekitar yang berbentuk kotak
4.9.1 memperkenalkan diri di hadapan
teman satu kelas.
|
Perkenalan Diri
|
Tes
Non Tes
|
Tes tertulis
Unjuk kerja
|
Pilihan Ganda
Rubrik
disertai Rating scale
|
|||||
3. SBdP
3.3 Mengenal
pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
4.3 Membuat hiasan
dari bahan alam dan buatan.
|
4.2.1 Menuliskan hasil pengamatan tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya.
3.3.1 Mengidentifikasi langkah-langkah membuat
karya hiasan dengan bahan alami
4.3.1 Membuat
karya hiasan kartu ucapan ulang tahun yang ditujukan
untuk orang tua
|
Tes
Non Tes
|
Tertulis
Unjuk kerja
|
Ganda
Rubrik
disertai Rating scale
|
||||||
0 komentar:
Posting Komentar