Sabtu, 14 April 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN T2 ST4 P4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SDN 3 Pedurungan
Kelas / Semester          :  2 /1
Tema                           :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2)
Sub Tema                    :  Bermain di Tempat Wisata ( Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke          :  4
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Matematika
No
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4  




Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

3.4.1 Menunjukkan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian.
3.4.2 Mengidentifikasi perkalian dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari.
4.4  
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4.1 Memecahkan masalah perkalian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari.


Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.2

Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.


3.2.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.2.1 Menujukkan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya.
 4.2 
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.2.1 Menuliskan hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya.



Muatan : SBdP
No
Kompetensi
Indikator
 3.3



 
Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.


3.3.1 Mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami

 4.3 


Membuat hiasan dari
bahan alam dan buatan.
4.3.1 Membuat karya hiasan kartu ucapan ulang tahun yang ditujukan
untuk orang tua


C.    TUJUAN
1.      Dengan mendengarkan pembacaan teks “Bermain Perosotan”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan percaya diri.
2.      Dengan menjawab pertanyaan tentang teks “Bermain Perosotan”, siswa dapat mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan cermat.
3.      Dengan mengamati gambar tentang beragam benda pada permainan perosotan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan cermat.
4.      Dengan melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda dalam permainan perosotan, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya dengan disiplin.
5.      Dengan membaca teks percakapan tentang pembagian, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian dengan cermat.
6.      Dengan mengerjakan latihan tentang pembagian siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.
7.      Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami dengan cermat.
8.      Dengan mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan kartu ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahan alami dengan disiplin.

D.    MATERI
  1. Gambar bermain perosotan
  2. Teks bacaan tentang bermain perosotan
  3. Gambar keberagaman benda pada permainan perosotan
  4. Gambar 2 kartu ucapan selamat ulang tahun

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah







F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
15 menit
Inti
Kegiatan Pembelajaran

Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar bermain perosotan (mengamati).
  • Siswa bertanya jawab tentang gambar bermain perosotan (menanya).
  • Siswa mendengarkan teks bacaan “Bermain Perosotan” (mengamati).
  • Siswa menyebutkan isi teks bacaan “Bermain Perosotan” yang dibacakan (menalar).
  • Siswa bertanya jawab tentang isi teks bacaan “Bermain Perosotan” (menanya).


Ayo Menulis
  • Siswa mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda (mencoba).
  • Siswa menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan (mengomunikasikan).
  • Siswa menjawab pertanyaan tentang teks bacaan “Bermain Perosotan” (menalar).
  • Siswa memeriksa jawaban dari pertanyaan berdasarkan teks (menalar).

Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar tentang keberagaman benda dalam permainan perosotan (mengamati).
  • Siswa melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di tempat wisata (mencoba).
  • Siswa menceritakan ciri benda pada gambar tentang keberagaman benda dalam permainan perosotan (mengomunikasikan).
  • Siswa kembali mengamati gambar tentang keberagaman benda dalam permainan perosotan (mengamati).
  • Siswa mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya (mencoba).
  • Siswa memberikan tanda centang pada gambar benda padat (mencoba).

Ayo Berkreasi
  • Siswa mengamati gambar yang berisi tentang teks dialog sederhana (mengamati).
  • Siswa membahas tentang biji-bijian yang bisa digunakan untuk membuat karya hiasan kartu ucapan ulang tahun (mengomunikasikan).
  • Siswa membuat karya hiasan kartu ucapan ulang tahun yang ditujukan untuk orang tua (mengomunikasikan).
  • Siswa mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami (menalar).
  • Siswa memperhatikan gambar kartu ucapan selamat ulang tahun (mengamati).
  • Siswa membuat karya hiasan kartu ucapan selamat ulang tahun dengan bahan alami biji-bijian (mencoba).

Ayo Berlatih
  • Siswa membaca teks percakapan tentang pembagian (mengamati).
  • Siswa memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian (menalar).
  • Siswa mengerjakan latihan tentang pembagian siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian (menalar).
  • Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri (mengomunikasikan).
  • Guru memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa, boleh dengan menggunakan bahasa verbal, misalnya: anak hebat,
anak pintar, anak rajin, dan sebagainya.
140 menit

Penutup
1.      Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini
2.      Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.      Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.      Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit

G.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

A.    Teknik Penilaian
a.  Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.  Penilaian Pengetahuan: Tes
c.  Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.  Sikap
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada sikap setiap siswa yang terlihat.
Keterangan:
T  :   Terlihat
BT  :  Belum Terlihat

2.      Pengetahuan

a.        Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dan mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dalam bahasa tulis
Tes tertulis: Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan (total skor maksimal 100).
1)      Bermain perosotan. (skor 20)
2)      Udin dan Lani. (skor 20)
3)      Sangat senang. (skor 20)
4)      Edo dan Siti. (skor 20)
5)      Bola berwarna-warni, perosotan, tangga, dan tali. (skor 20)

b.      Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian
Tes tertulis: menentukan berhitung tentang kalimat matematika (total skor maksimal 100).
1)      12 : 2 : 3 = 6 : 3 = 2
2)      15 : 3 : 5 = 5 : 5 = 1
3)      22 : 11 : 2 = 2 : 2 = 1
4)      50 : 5 : 5 = 10 : 5 = 2
5)      32 : 4 : 2 = 8 : 2 = 4

3.      Keterampilan
a. Melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda Rubrik unjuk kerja: Melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda.

b.      Membuat karya hiasan dengan bahan alami
Rubrik unjuk kerja: Membuat karya hiasan dengan bahan alami (biji-bijian)

c.       Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian
Rubrik unjuk kerja: Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.

H.    REMEDIAL DAN PENGAYAAN
  1. Remedial
·         Guru mengulang kembali kegiatan menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan menggunakan teks yang berbeda.
·         Guru membimbing siswa yang belum mampu membuat karya hiasan dengan bahan alami biji-bijian.
·         Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.
  1. Pengayaan
·         Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keberagaman benda di sekitar.
·         Guru meminta siswa melakukan latihan lanjutan dengan menceritakan secara tertulis langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami biji-bijian.
·         Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian

I.       SUMBER DAN  MEDIA
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Gambar bermain Perosotan
·         Teks bacaan tentang bermain perosotan
·         Gambar keberagaman benda pada permainan perosotan
·         Gambar 2 kartu ucapan selamat ulang tahun

Refleksi Guru










Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….




Mengetahui
Kepala SDN 3 Pedurungan



Hasyim, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19650720 198806 2 001
Pemalang,    April 2018
Guru Kelas 2



Farah Ummu Masnunah, S.Pd.
NIP………………………….




1 komentar:

Anonim mengatakan...

Selamat datang!!!
Link Alternatif mwpoker
Link Alternatif mwpoker

Posting Komentar