Sabtu, 14 April 2018

Silabus Tema 2, Sub Tema 4, Pembelajaran 4


SILABUS

Satuan Pendidikan         : SDN 3 Pedurungan
Kelas / Semester             :  2 /1
Tema                              :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2)
Sub Tema                       :  Bermain di Tempat Wisata ( Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke             :  4
Alokasi waktu               :  1 Hari

Kompetensi inti            
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.


Mupel/Kompetensi Dasar
Nilai Karakter
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber belajar
Teknik
Jenis
Bentuk
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
1.      Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang
melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan seharihari serta mengaitkan perkalian  dan pembagian.
4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan seharihari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.




























Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

Disiplin, jujur, teliti.

  3.4.1 Menunjukkan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian.
3.4.2 Mengidentifikasi perkalian dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari.

4.4.1 Memecahkan masalah perkalian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari.




3.2.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.2.1 Menujukkan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya.














Perkalian




































Keragaman benda



Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar bermain perosotan (mengamati).
  • Siswa bertanya jawab tentang gambar bermain perosotan (menanya).
  • Siswa mendengarkan teks bacaan “Bermain Perosotan” (mengamati).
  • Siswa menyebutkan isi teks bacaan “Bermain Perosotan” yang dibacakan (menalar).
  • Siswa bertanya jawab tentang isi teks bacaan “Bermain Perosotan” (menanya).

Ayo Menulis
  • Siswa mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda (mencoba).
  • Siswa menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan (mengomunikasikan).
  • Siswa menjawab pertanyaan tentang teks bacaan “Bermain Perosotan” (menalar).
  • Siswa memeriksa jawaban dari pertanyaan berdasarkan teks (menalar).

Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar tentang keberagaman benda dalam permainan perosotan (mengamati).
  • Siswa melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di tempat wisata (mencoba).
  • Siswa menceritakan ciri benda pada gambar tentang keberagaman benda dalam permainan perosotan (mengomunikasikan).
  • Siswa kembali mengamati gambar tentang keberagaman benda dalam permainan perosotan (mengamati).
  • Siswa mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya (mencoba).
  • Siswa memberikan tanda centang pada gambar benda padat (mencoba).

Ayo Berkreasi
  • Siswa mengamati gambar yang berisi tentang teks dialog sederhana (mengamati).
  • Siswa membahas tentang biji-bijian yang bisa digunakan untuk membuat karya hiasan kartu ucapan ulang tahun (mengomunikasikan).
  • Siswa membuat karya hiasan kartu ucapan ulang tahun yang ditujukan untuk orang tua (mengomunikasikan).
  • Siswa mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami (menalar).
  • Siswa memperhatikan gambar kartu ucapan selamat ulang tahun (mengamati).
  • Siswa membuat karya hiasan kartu ucapan selamat ulang tahun dengan bahan alami biji-bijian (mencoba).

Ayo Berlatih
  • Siswa membaca teks percakapan tentang pembagian (mengamati).
  • Siswa memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian (menalar).
  • Siswa mengerjakan latihan tentang pembagian siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian (menalar).
  • Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri (mengomunikasikan).
  • Guru memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa, boleh dengan menggunakan bahasa verbal, misalnya: anak hebat, anak pintar, anak rajin, dan sebagainya.


Tes









Tes













Non Tes






Tertulis









Tertulis













Unjuk kerja






Pilihan Ganda








Pilihan Ganda












Rubrik disertai  Rating scale

1 hari (5X35 Menit)

Yusfina Hendrifiana, dkk. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas I Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Diriku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yusfina Hendrifiana,  dkk. 2017. Buku Siswa SD/MI Kelas I Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Diriku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.









2. Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman
benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau
bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan penggunaan
kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

3.9.1 Menuliskan benda-benda di sekitar yang berbentuk kotak










4.9.1 memperkenalkan diri di hadapan teman satu kelas.
Perkenalan Diri













Tes












Non Tes




Tes tertulis











Unjuk kerja


Pilihan Ganda











Rubrik disertai  Rating scale











3. SBdP
3.3 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.


4.3 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.



4.2.1 Menuliskan hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya.




3.3.1 Mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami
4.3.1 Membuat karya hiasan kartu ucapan ulang tahun yang ditujukan
untuk orang tua















Tes








Non Tes













Tertulis








Unjuk kerja













Ganda








Rubrik disertai  Rating scale


0 komentar:

Posting Komentar